TIPS DEWA: HOW TO MAKE KASTENGEL?!

Suka sama cheese cookies lebaran yang namanya kastengel?? Gue suka banget!!😀
So, this time, I wanna share my experience in making kastengel, here the recipe…

Bahan:
4 kuning telur (inget, kuningnya aja ya! Ini yang ngebedain cookies and cake, kalo cake itu pake putih telur juga)
2 ons margarine & 2 ons rumbutter (kata nyokap gue sih yang penting berat total keduanya 4 ons, kalo rumbutter di rumah tinggal 1,5 ons maka margarine nya harus 2,5 ons. Belom pernah ngerasain banget bedanya sih secara sama2 trigliserida padat, paling komposisinya mirip2 hehehe)
1,5 keju padat persegi panjang ukuran besar, diparut (gue lebih suka pake keju merk komersil ketimbang keju apel – keju apel itu keju tanpa merk, bentuknya bulat di bungkus pake kertas merah jadi mirip apel – karena kalo pake keju apel, hasilnya jadi lebih kering, dan rasa keju apel terlalu asin kayak garam, kalo keju merk komersil rasanya asin manis susu, enak!)
2 sdm susu bubuk (yang rasa vanila aja biar gak ngerusak rasa kejunya! Susu ini gunanya biar hasilnya lebih mantab, asin manis gitu, hehehe!)
7 ons terigu (secukupnya lah ya, tergantung kapan nyampurin terigunya. Kalo terigu nya langsung dicampur sama adonan, maka bisa tepat 7 ons, tapi kekurangannya ntar adonannya jadi kering dan keras karena kena udara ntar susah dicetak, jadi perlu diantisipasi dengan menutupi adonan pake lap basah. Atau bisa juga dengan mencampurkan sedikit demi sedikit adonan dengan terigu terus dicetak, terus campur lagi, terus cetak lagi, sampe habis, tapi kekurangannya terigu yang digunakan jadi tidak tepat 7 ons, ya gak masalah sih. Pake terigu yang khusus cookies ya, biar cepat matang saat dipanggang dalam oven, kalo pake terigu yang bisa dipake buat cake/kue basah juga, nanti hasilnya gak matang sepenuhnya padahal tampilan luarnya udah terlihat sangat matang)

Cara Membuat:
Semua bahan2 kecuali terigu, dicampur dalam wadah, trus dikocok pake mixer sampe berwarna putih (20 menit). Kalo udah, campurin terigunya, diuleni pake tangan sampe kalis (tangannya dipakein plastik biar higienis hahaha). Taunya kalis itu kalo udah gak lengket lagi sama plastik pembungkus tangan. Terus dicetak, olesi kuning telur pake kuas, beri keju hias diatasnya, panggang dalam oven sampe kuning kecoklatan, jadi deh!

Oya, pas nyetak jangan terlalu tebal ukurannya, nanti yang bagian dalamnya belom benar-benar matang.. Keju buat hiasan di bagian atas sebaiknya dipotong2 aja, jangan diparut (kayak gambar di atas) karena kalo diparut nanti kejunya suka copot2, kan mubazir.. Kalo mau terlihat seksi kuning kecoklatan, banyakin olesan kuning telur di bagian atas cookies.. yang paling penting, bikinnya harus pake hati, pake cinta, biar yang makan ikut merasakan kebahagiaan! ^.^
Selamat Mencoba!😀

Ditulis oleh koki amatir: Nindya Sani W

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s