USG 4 Dimensi & Pilihan Rumah Sakit

Mau pamer aaah hahaha.. Sabtu kemarin (1 November 2014), gue habis USG 4D loooh🙂

Usia kehamilan gue harusnya udah 28 minggu, hasil googling menyebutkan bahwa usia yg kece buat USG 4D di rentang 28 – 30 minggu (eh, itu kata Mbah Google atau Dokter RR yaa lupa wkwk).

Ngapain USG 4D? Just curious of how my baby boy looks :p. Also Dokter RR bilang boleh2 aja kok USG 4D, buat screening secara menyeluruh, dan terbukti USG 4D ada gunanya – we will discuss it later ya. Gue konsul perlunya USG 4D sama doi biar ga dibilang buang2 duit lagi hahaha. Terakhir gue kontrol sama dia dengan bawa hasil tes Torch, dia bilang gue buang2 duit, “Ga ada gunanya tes Torch bulan segini (waktu itu gue tes di tri semester 2 akhir), mending buat beli susu aja”. Doi bilang, tes Torch gunanya di tri semester pertama, kalo ketauan positif ya masih bisa di-prevent. Jadi ceritanya gue tes Torch atas inisiatif sendiri karena terpengaruh teman2 dan diizinkan oleh Dokter yang waktu itu meriksa gue (Dokter RR lagi naik haji, jadi gue periksa sama Dokter lain). Emang dasar gue hobi nyaut, gue bilang aja ke Dokter RR, “Yaaa at least ketauan kan Dok kalau negatif”. “Ya cuman bikin seneng aja kan karena tau hasilnya negatif”, gitu jawab doi. Kesyeeel deh tapi bener sih ahaha, untung reimburse kantor suami wakakak.😀

Balik ke USG 4D, since di RS gue biasa kontrol (RS Haji Pondok Gede) belom ada USG 4D, jadilah gue melancong ke RS terdekat yang sudah provide, dan itu adalah RS Anna yang terletak di Pekayon, Bekasi. Di USG sama Dokter cantik, LM. Dokternya modis banget cyiiin, gue berasa gembel cuman pake celana hamil hitam, kaos panjang lengan panjang hitam, dan kerudung instan hitam (idih gaya gue dukun banget yak item2).

Seneng banget waktu liat baby K di layar USG (K is his initial nickname, I won’t spoiler youuu :p). “Baby boy nih”, kata Dokter LM nunjukin Mr. P dedek bayi. Actually, Dokter RR udah spoiler duluan waktu usia kandungan masih 4 bulanan, emang deh doi jagoan USG. Pas liat wajah, “Waaah cantik ya dedeknya”, kata Dokter LM. “Kok cantik Dok? Haha..”, dasar gue tukang nyaut. “Eh cakep. Dedeknya cakep tuh”, ralat Dokter LM. Nih bukti ketampanan baby K:

Dedek Bayi 4D

Dedek Bayi 4D – Tampak 3/4 Depan

Ada yang bilang mirip laki gue, mirip siapa aja deh yang penting ganteng hahaha.

Waktu liat wajahnya tampak samping, Dokter LM komen, “Dedeknya pemikir nih”. Emang sih, keliatan lagi mikir dengan kening berkerut dan tangan menopang dagu hahaha, lucuk!

Dedek Bayi 4D - Tampak Samping

Dedek Bayi 4D – Tampak Samping

Dari hasil USG 4D, didapat kesimpulan lainnya:

+ Organ jantung sehat (ada 4 ruang pada jantung), it’s also been detected by Dokter RR. Organ2 lainnya juga baik (paru2, ginjal – ketauan gitu si Dedek abis pipis, lupa apaan lagi organ yang dicek, ampun).

+ Aliran darah baik.

+ Air ketuban cukup. Thanks Dokter RR yang sebelumnya udah ngingetin daku untuk banyak minum air putih dua kali lipat dari orang normal. Dulu pas dicek sama Dokter RR, doi bilang gue kurang minum.

+ Jari tangan & kaki normal.

+ Tulang rusuk & tulang paha oke.

+ Berat bayi & usia kandungan berdasarkan ukuran bayi normal.

– Posisi sungsang (Meeen, harus banyak nungging nih gue, semangat!! Ayo Dedek ganteng, pintar, soleh, kita berjuang sama2 yaaa :*).

– Leher bayi terlilit tali pusar 1 kali lilitan (Ya Allah, tolong lepaskanlah lilitan ini Aamiin. Yuk Dedek, kita harus banyak renang *brb ambil kacamata renang).

Udah itu doang yang gue inget, maafkan saya yang pelupa ini. Terima kasih untuk Dokter LM yang sudah memeriksa kandungan saya dengan baik sekali, saya puas Dok hehehe. Tarif USG 4D di RS Anna cuman Rp 600K!! Cheaper compare to other USG 4D (coba googling aja), udah include biaya Dokter dan Print Foto, dan copy soft file ke USB juga (meski punya gue gagal pas cek di rumah, macem corrupt gitu filenya hiks, yasudahlah kan ada alat yang namanya scanner). Langsung deh gue post ke Instagram, laki gue pun ga mau kalah post ke Path (gue ga nge-Path sih huh!). Makasih buat semua yang sudah nge-like😀.

Untuk rumah sakit, Bismillah InsyaAllah ane mau lahiran di RS Haji Pondok Gede, sama Dokter RR yang kece badai (hasil googling sana sini). Lagian emang mantep sih, tiap periksa sama doi, gue berasa dapet pencerahan, dikasih advice macem2 mulai dari gaya hidup (olahraga, kurangi makan karbo, perbanyak protein, boleh makan mie tapi sebulan sekali aja fufufu) sampai hal2 spiritual (disuruh ngaji tiap hari). Suami juga suka sama doi, dibandingin Dokter wanita sebelumnya yang kurang komunikatif. Ya awalnya kami prefer Dokter wanita, tapi berhubung dapet chemistry nya justru sama Dokter RR ini (cieee), jadilah kami pindah haluan. Bismillah demi alasan medis ya.

Oya kenapa pilih RS Haji, karena paling deket rumah dan ga terlalu macet sih untuk dicapai dibanding RS di Bekasi lainnya. Plus dari hasil googling dan tanya sama yang pernah di sana, RS Haji itu Pro ASI, bisa IMD (untuk IMD perlu diinfo ke Dokter/Perawat, katanya sih kadang2 bayinya udah dimandiin), dan bisa rooming in juga (untuk semua kelas kamar, wow! di beberapa RS kan terbatas dari kelas VIP ke atas).

Oke, mari kita berusaha agar no more sungsang, no more lilitan, no more problem yaaa Dek.

Masih deg2an nih nunggu 2 tes lagi, tes darah lengkap dll di minggu ini dan tes ketebalan retina di minggu ke 33.

Allah, I believe that You have prepared best. Mudahkanlah dan lancarkanlah prosesnya Aamiin🙂.

Footnote:

LM: Lilia M

RR: Reino R

4 thoughts on “USG 4 Dimensi & Pilihan Rumah Sakit

    • Coba ditelp ke RS Anna aja mbak, aku ga hafal jadwalnya.
      Kalau utk USG 4D di hari Sabtu pagi jam 10an.
      Kalau utk melahirkan di RS Anna jg bisa dibantu beliau tp harus janjian, kayaknya karena bukan base utamanya di sana deh, tp di Hermina.
      Semoga membantu🙂

Leave a Reply

