The “Execution” Day

Minggu2 menjelang HPL adalah minggu2 ter-deg2-wow buat gue (okay, another alay phrase used). In the 38 weeks of pregnancy, my baby weight was predicted around 3.3 kg by the obgyn, dr. Reino Rambey SpOG. A week after, his weight was increased significantly, into 4 kg!! Awesome, huh?!

Ask me how come, am not sure – I didn’t consume cold drink, the one and only cold meal I ate at that 39 week was an ice cream and I ate that on the day I went to doctor, so it’s rather impossible to be the cause. Oh, I also ate a few of chocolate. Well, the obgyn has already forbid me to consume sweet food as I told you in the post before, so I guessed a few is no prob, but who knows efek dari segelintir coklat bisa menambah berat bayi gue hingga 800 gram.

Karena terlalu besar, om dokter ga rekomen untuk lahiran normal. Why? Karena too risky, pundak dedek bayi bisa tersangkut saat proses melahirkan dan kalau udah gitu endingnya bisa diperlukan tindakan tambahan bahkan sampai operasi tidak terencana. Besides, pada ibu juga terdapat resiko yaitu turunnya kandung kemih sehingga saat tua nanti si ibu jadi sulit menahan BAK alias gampang ngompol, nah loh! Diperiksa pakai USG intravaginal pun ternyata jarak bayi dengan jalan keluar masih 4 cm, padahal menurut om dokter seharusnya di minggu tsb, jarak bayi dengan jalan keluar sudah sekitar 2,5 cm saja.

Om dokter ga sekonyong2 ketok palu bahwa gue harus melahirkan melalui Sectio Caesaria, dia memperbolehkan gue nunggu untuk lihat perkembangan di minggu selanjutnya atau juga untuk diskusi dengan keluarga, namun dengan resiko jika semakin lama maka bayi bisa semakin besar. Ortu gue ga mempermasalahkan lahir dengan cara apapun yang penting ibu dan bayi sehat. So, karena alasan2 yang telah dikemukakan di atas, hanya dalam waktu semalam, jadilah gue dan suami memutuskan untuk SC, bismillah.

Singkat cerita, besoknya gue langsung ke RS Haji untuk cek darah di Lab menjelang operasi (timing pembekuan darah dkk), ketemu dokter anastesi untuk bawa hasil Lab dan ditanya2 seputar alergi obat dkk (nunggunya lama banget cyiiin kayak nunggu jodoh karena padatnya jadwal operasi), janjian sama dokter Reino via suster untuk nentuin hari eksekusi (ga main tanggal cantik lagi deh, kapan om dokter available aja wkwk), sampai booking kelas kamar. Itu semua dilakukan dalam satu hari yg sama, sendirian, hebat kan hahaha #mandiri.


16 Januari 2015: Sempet2nya gue melancong ke salon seharian, biar nanti keliatan cantik waktu di ruang operasi #dih #yakali #centil. Pulang dari salon, telpon2an sama RS Haji, mastiin kamar yg eke mau udah ready belom. Habis Isya capcus ke RS Haji. Nyampe sana, laki gue mulai urus administrasi, sedangkan gue dibawa ke suatu ruangan agar denyut jantung dedek bayi dibaca by a tool in a period of time, sambil gue harus memencet sebuah tombol setiap kali si bocah dalam perut bergerak. Sampai di kamar, ada suster yg memasang jarum untuk infus di tangan gue (sempet gagal pula sekali karena gue tegang jadi pembuluh darahnya kabur wkwk) dan melakukan persiapan lainnya sebelum pasien masuk ruang operasi besok #censored. Sisanya hanya adegan tidur. Thanks to several friends who have accompanied me at that night through whatsapp LOL.


17 Januari 2015: Pagi2 ada suster dateng pasang cairan infus dan bawa kursi roda, kayak pasien beneran rasanya dianter ke ruang operasi pakai kursi roda. Masuk ruang persiapan operasi, eke ganti baju serba ijo, jilbab ditanggalkan, kepala hanya ditutup head cover, maafkan hamba Ya Allah #sholehah. Yang paling penting sebelum masuk ruang operasi sempet cium nyokap dulu, itu lebih penting daripada cium suami, weeek! :p

Di dalem ruang operasi, eke disuruh peluk bantal sambil pundak dan punggung eke didorong ke bawah eh ternyata mau disuntik epidural, ga sakit tuh alhamdulillah. Di pasang kateter juga ga sakit karena obat bius udah mulai bekerja, cuman kaget dikit aja.

Ketemu om dokter, doi pun nanya “Takut ga?” – oh ini karena ada drama gue ketakutan waktu doi bilang ga rekomen lahiran normal. Emang sih awalnya gue sempet mikir caesar enak ga pake ribet, tapi semenjak nemu artikel yg bilang kalo caesar banyak resikonya, eke jadi takut seriusan cyiiin, bahkan waktu divonis caesar eke sampe ga bisa tidur nyenyak semalaman, DOR!

“Lumayan takut, ngelawak dong dok”, jawab gue ngasal, biar ga tegang aja. Hahaha buset dokter gue suruh ngelawak, bisa2 kena charge biaya lain-lain: ngelawak.

Tiba waktunya kain hijau mulai dibentangkan di depan gue, tanda operasi dimulai. Alat supply oksigen berbentuk selang yg dipasang di hidung malah bikin eke susah napas karena adanya backflow antara supply oksigen masuk ke hidung melawan karbon dioksida yg gue keluarkan. Akhirnya diganti dengan alat supply oksigen yg menutupi hidung dan mulut sekaligus, baru deh kerasa nyaman.

Selama operasi berlangsung, tim dokter dan suster di sana killing time ngobrolin entah apa (emang kata temen gue begitu kok, malah pas dia operasi caesar dokternya ngobrolin capres cawapres #demampemilu). Gue yg udah mulai ngantuk nggak mau kalah sok2 nimbrung, lupa bahas apa aja haha yg gue inget ada bahas2 seseorang dicalonin jadi mantu untuk anak om dokter yg paling gede #adamakcomblangdiruangoperasi wkwk. Om dokter ga gitu nanggepin, mungkin karena ga sreg sama si calon lagi fokus nanganin gue. Ga lama kemudian terdengar bunyi suara bayi menangis begitu kencang.

“Eh anak siapa tuh? Anak aku ya? Cepet banget udah keluar haha”, ini adalah komen terkonyol yg terlontar dari seorang ibu yg lagi ngefly kena obat bius wkwk. Yaiyalah anak gue, menurut ngana?!

“Nangisnya heboh banget ya haha”, another silly comment I made, forgive me, gue ga 100% sadar #ngeles.

Om dokter ngelongok dari balik tirai hijau, “Iya heboh, kayak ibunya”. Kemudian kembali menghilang di balik tirai hijau, sibuk dengan urusan jahit menjahit.

Ga lama setelah bayi keluar terdengar suara musik merdu yang dibawakan oleh penyanyi Indonesia, mungkin itu bunyi ringtone handphone seseorang yang lupa dimatikan untuk menghibur si bayi dengan suara nyaman, pernah dikasih tau temen sih kalo waktu anaknya lahir juga disetelin musik sama dokternya.

“Wah ada musik, ganti lagu barat dong, haha request”, celoteh gue begitu mendengar alunan musik. Serius ini pengaruh obat bius! Ga ada yg ketawa denger omongan gue, yg ada malah musiknya langsung dimatiin. Fine. HAHAHA.

“Dok, boleh minum obat cina ga, itu loh dok yang katanya biar luka operasi cepet kering”, tanya gue.

“Emang orang cina, bukan?”, intip om dokter dari balik tirai hijau.

“Bukan”

“Kalau bukan, ga usah minum obat cina”, sahut om dokter sambil kembali fokus menjahit.

“Terus minum apa dong?”, serius deh ini kayak pertanyaan anak TK.

“Ntar minum obat yg dikasih dokter Reino aja”, jawab dokter anastesi.

Oke, yg bilang operasi caesar nyeremin awas loh gue kutuk jadi ulet keket. That’s the most fun operation in 45 minutes of my life. Tega yaaa sampe gue ketakutan ga bisa tidur nyenyak, huh!

Dapet IMD cuma beberapa kenyotan, karena ruang operasi dingin jadi ga bisa lama2, itupun anak gue ga ditaroh di dada tapi digendong sama suster dan udah dibungkus kain hijau biar ga licin kalau digendong. Sebelumnya suster ngecek air susu gue udah keluar atau belum, “Wah udah banyak ini”. Alhamdulillah. See, ga ada pengaruh caesar sama ga bisa keluar ASI. WOOO another hoax terbantahkan!

Ga, gue ga nyuruh orang2 operasi caesar, cuman mematahkan statement orang2 yg menakuti atau meremehkan aja. Kalau emang ada yg nyeremin, kan bukan artinya digeneralisasi. Pernah belajar statistik ga sih lo? Data pencilan doang kali tuh, bikin eke serem aja. Lagian gue ga bakalan kok operasi caesar kalo bisa normal. Semua orang niatnya baik yaitu untuk menyelamatkan ibu dan anak, why still doubting, nah??

Setelah operasi, gue dibawa balik ke kamar, ga boleh angkat kepala selama 24 jam, belajar menyusui sambil tiduran miring – thanks to my beautiful mom, mama siaga banget deh! Laki gue udah kecapean karena seharian ada aja administrasi yg diurus dll jadi ga tega juga kalau dia bangun tengah malam. Sumpah ga kebayang kalau ga ada nyokap pasti sedih banget, emang ga ada yg ngalahin kasih sayang ibu kandung T.T


18 Januari 2015 (H+1 pasca operasi): gue udah boleh belajar jalan. Tamu2 yang dateng berkunjung pun kaget liat gue udah lincah wkwk. Selidik punya selidik, itu karena om dokter kasih obat yg kece2, dia ga pengen pasiennya ngerasa ga nyaman karena luka operasi . Mulai dari obat yang dimasukkan via infus, via anus, via oral, sampai obat yg paling sakti yaitu patch yang ditempel di bawah leher (sumber informasi: suster).


19 Januari 2015 (H+2 pasca operasi): kontrol sama om dokter.

“Udah bisa ngapain aja?”, tanya om dokter.

“Udah bisa salto dok”, jawab gue ngasal. “Dok, obat yang di sini enak dok, jadi ga sakit luka operasinya”, nunjuk ke patch yg ditempel di bawah leher.

“Iya, yang penting sakitnya ga di sini, kan?”, bales om dokter sambil nunjuk ke dada. Nah yaa ketauan deh ngefans sama Cita Chitato!

Habis cek luka operasi, om dokter pun bilang kalau lukanya udah mulai kering, “Bentar lagi udah bisa pakai bikini nih”. Dih, yakeleusss.

Perban pun diganti yg baru. Boleh mandi tapi ga boleh kena air sabun karena perban bisa copot, cari tuh caranya gimana, DOR!


20 Januari 2015 (H+3 pasca operasi): anak eke dikasih suntik hepatitis B, terus dicek bilirubin, alhamdulillah masih normal, 9.5 out of 12. Hore boleh pulang hihi. Bosen banget cyiiin di RS. Bukan karena makanan ga enak, enak2 banget makanan nya, salut deh sama catering RS Haji. Bukan juga karena kamarnya ga nyaman, kelas satu cuy, sekamar sendiri meskipun sharing kamar mandi tapi selalu bersih, ada OB yg selalu rajin bersih2. Fasilitas di kamar pun menyenangkan: ada TV, kulkas, lemari, wastafel, bisa minta air panas untuk minum. Yg bikin ga betah ya suasananya itu2 aja, simply missing home lah.

***bersambung ke postingan selanjutnya…

3 thoughts on “The “Execution” Day

    • Kemarin saya total sekitar 17juta mas, 15juta untuk biaya ibu dan 2juta untuk biaya anak.
      Kata temen yg kelas 3, dia total sekitar 12juta.
      Semoga lancar persalinan nya ya, sehat semua aamiin🙂

      • Makasih sekali lg infonya. Istri jadi lebih tenang setelah baca pengalaman mba.
        Soalnya sama bayangannya caesar menyeramkan.

        Terima kasih jg doanya. Semoga mba sekeluarga diberi kelimpahan berkah dan rahmat.

        Wass.🙂

Leave a Reply

